Susno Duadji hilang tapi muncul di YouTube

drama perihal susno duadji terus berlanjut. mantan kepala badan reserse kriminal kepolisian indonesia, komisaris jenderal polisi (purnawirawan) susno duadji, yang sudah dinyatakan buron serta daftar pencarian orang oleh kejaksaan agung, muncul di jejaring sosial youtube berdurasi 15 menit 34 detik.

untuk mencari, tidak rumit saja. cukup ketik kata susno duadji di mesin pencari, dengan demikian situs video ini ingin menyajikan tayangan selama belasan menit tersebut. cara berkomunikasi seperti ini mirip sekali melalui saat bekas bendaharawan dpp partai demokrat, m nazaruddin, menungkapkan maksudnya daripada website persembunyiannya, selama karthagena, kolombia.

dari youtube yang dipublikasi selama senin (29/4) itu, duadji menyatakan dirinya berada dalam daerah pemilihan i jawa barat; sekaligus membantah dirinya sudah menghilang.

saya berada dalam daerah pemilihan saya di dapil 1 jawa barat. pasti tidak asli kalau dikatakan saya hilang tidak banyak rimbanya, terlebih jika aku dikatakan melarikan diri. saya bukan pihak dan lari dari tanggung jawab adapun saya tak nampak dalam wajah publik adalah supaya mencegah eksekusi liar, papar duadji dalam video tersebut.

Informasi Lainnya:

jenderal berbintang tiga bekas penegak hukum tersebut banyak bertutur seputar status hukum, cara mengeksekusi dia, serta pasal-pasal hukum yang dikenakan, sekaligus penjelasan pasal-pasal hukum dan dia nyatakan menyebabkan vonis hukum tersebut adalah batal (demi hukum).

sebagai contoh, dia menyoal putusan di november 2011,yang juga tidak mencantumkan pasal 197 ayat 1 huruf k kitab undang-undang hukum acara pidana. selama selama bandingnya juga namanya bukan dirinya, tergolong nomor register bukan perkara dirinya.

menurut dia, dalam di putusan ma selama november kemarin, putusan tersebut tak menungkapkan susno duadji bersalah; maksudnya tak banyak penyebutkan berapa berlarut hukumannya tergolong juga tidak banyak perintah untuk penahanan.

jadi, manakala jaksa agung atau aparat kejaksaan mengeksekusi saya, dan memasukkan saya ke penjara perlu ditanyakan bagaimana motivasinya? atau ada tekanan tertentu atau banyak tujuan politik? karena aku adalah calon (legislatif).

duadji memang dimajukan partai bulan bintang sebagai calon legislatif secara resmi; terlepas dia tengah bermasalah hukum atau tak.

polisi bersama tim gabungan kejaksaan untuk kedua kalinya memburu duadji. padahal, kurang daripada sepekan 2012, duadji sudah ada dalam depan mata personel eksekutor gabungan kejaksaan untuk dijebloskan penjara. duadji lolos pada depan mata pula, dalam perlindungan polisi.

kini, semuanya sibuk mencari-cari duadji. tiga properti duadji di jakarta disatroni tim gabungan polisi dan kejaksanaan sehari penuh kemarin, tapi duadji semisal menguap terlalu saja tidak muncul di mana-mana, kecuali dalam yuotube.